ASSALAMU'ALAIKUM Wr.Wb...

Senin, 23 Mei 2011

Blog ini menjelaskan tentang seni tradisional khususnya di Jawa Barat,
Seni tradisional adalah unsur kesenian yang menjadi bagian hidup masyarakat dalam suatu kaum/puak/suku/bangsa tertentu. Tradisional adalah aksi dan tingkah laku yang keluar alamiah karena kebutuhan dari nenek moyang yang terdahulu. Tradisi adalah bagian dari tradisional namun bisa musnah karena ketidamauan masyarakat untuk mengikuti tradisi tersebut.

Adapun kesenian yang ada di Jawa Barat antara lain diantaranya :
  • Degung 
Degung adalah  salah satu gamelan khas asli hasil kreativitas masyarakat sunda. Gamelan yang kini jumlahnya sangat pesat, diperkirakan awal perkembangannya sekitar akhir abad ke-18/awal abad ke -19.
  • Calung 
Calung adalah alat musik sunda ayng merupakan protatipe (purwarupa) dari  angklung.Berbeda dengan angklung yang dimainkan dengan cara digoyangkan, cara menababuh calung adalah dengan memkul batang (wilahan, bilah) dari ruas-ruas yang tersusun menurut titi laras (tangga nada) pentatonik (da-mi-na-ti-la-da). Jenis bambu untuk membuat calung kebanyakan dari awi wulung (bambu hitam), namun adapula yang dibuat dari awi temen (bambu tang berwarna putih).
  • Angklung
Angklung adalah alat musik multitonal (bernada ganda)yang secara tradisional berkenbang dalam masyarakat berbahasa subdadi pulau jawa bagiab barat. Alat musik ini dibuat dari bambu, di bunyikan dengan cara digoyangkan (adanya bunyi disebabkan oleh benturan badan pipa bambu) sehingga meenghasilkan bunyi yang bergetardaalm susunan nada 2, 3, dan 4 nada dalam setiap ukuran,baik besar maupun kecil.
  • Jaipong 
 Jaipongan adalah sebuah genre seni tari yang alhir dari kreativitasseorang seniman asal bandung. Gugum Gumbira. Perhatian pada kesenian rakyat salah satunya adalah ketu tilumenjadikannya mengetahui dan mengenal perbendaharan pola-pola gerak tari tradisi yang ada pada kliningan bajidoran atau ketuk tilu. Gerak-gerak bukaan, pencugan, nibakeun, dan beberapa gerak mincid dari beberapa kesenian diatas cukup memilki inspirasi untuk mengembangkan tari atau kesenian yang kini dikenal dengan Jaiponagan.
  • Sisingaan
  • Tari Ketuk Tilu
Tari Ketuk Tilu  adalah
  • Rampak Kendang
Rampak Kendang adalah salah satu instrumen musik tradisional yang dimainkan bersama-sama instrumen lainnya, Sehingga dapat menciptakan musik yang harmonis.
Perkembangan selanjutnya, kendang tidak saja dimainkan dengan bernagai instrumen lainnya, tetapi dimainkan secara tunggal dalam arti satu jenis instrumen musik, namun dimainkan dalm jumlah banyakdan menciptakan suatu irama sendri.

17 Macam Pupuh Sunda

Pupuh adalah bentuk puisi tradisional bahasa sunda yang memiliki jumlah suku kata da rima tertentu untuk di setiap barisnya. terdapan 17 pupu, masing-masing memiliki sifat tersendiri dan digunakan untuk tema cerita berbeda. 17 pupuh tersebut diantaranya adalah :

1. Asmarabdana
2. Balakbak
3. Dangdanggula
4. Durma
5. Gambuh
6. Gurisa
7. Jurudemung
8. Kinanti
8. Lambang
10. Magatru
11.  Maskumambang
12. Mijil
13. Pangkur
14. Pucung
15. Sinom
16. Wirangrong
17. Ladrang

Tidak ada komentar:

Posting Komentar